MANFAAT RUBIK UNTUK OTAK ANAK DAN DEWASA

MANFAAT RUBIK UNTUK OTAK ANAK DAN DEWASA

Bermain dan menyelesaikan rubik dapat bermula dari rasa ingin tahu dan berakhir menjadi hobi. Selain itu, kegiatan bermain rubik dapat menghilangkan stress. Akan tetapi, bermain rubik dan menyelesaikannya sampai akhir membutuhkan kesabaran dan kemauan kuat.

Banyak orang yang telah mencoba menyelesaikan beberapa kali namun tidak juga berhasil. Hanya 5,8% dari populasi yang berhasil menyelesaikan susunan rubik. Awalnya, rubik diperkenalkan sebagai alat bantu ajar dimensi spasial kepada mahasiswa pada tahun 1980.

Bermain rubik memiliki efek pada otak baik jangka panjang maupun jangka pendek. Selain itu, bermain rubik mempunyai keuntungan secara mental dan juga secara fisik. Manfaat ini berupa koordinasi antara mata dengan tangan, peningkatan kelihaian jari, dan refleks cepat.

1. Membantu Meningkatkan Ingatan

Manfaat ini bergantung pada cara menyelesaikan rubik, menggunakan bantuan seperti algoritma dan panduan atau tidak menggunakannya sama sekali. Bagaimanapun Anda menyelesaikannya, bermain rubik akan membantu meningkatkan ingatan terutama ingatan otot.

Ingatan otot memiliki dampak penting untuk siasat latihan. Proses ini menciptakan efisiensi maksimum antara sistem motorik tubuh dengan sistem ingatan otak.

2. Meningkatkan Kesabaran

Saat Anda mulai mengerjakan rubik yang masih berantakan untuk pertama kalinya, kesabaran Anda akan diuji. Bahkan bagi kebanyakan orang metode untuk para pemula tidaklah sederhana.

Akan tetapi, bila Anda gigih menyelesaikannya, Anda akan belajar menyusun rubik dengan siasat tertentu. Semakin rumit siasat untuk menyusun rubik maka semakin banyak kesabaran Anda diuji.

Bermain rubik membutuhkan banyak siasat yang dapat membuat Anda terlibat dalam hal-hal yang tak dapat diperkirakan. Hal ini akan membuat diri Anda siap untuk menghadapi tantangan yang membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan pada saat mendatang.

3. Meningkatkan Keahlian Menyelesaikan Masalah

Bermain rubik membuat Anda akan menghadapi ribuan halangan dan rintangan kombinasi antar sisinya.

Hal ini akan melatih Anda untuk membagi masalah menjadi bagian yang lebih kecil kemudian fokus menyelesaikannya satu per satu.

4. Meningkatkan Kemampuan Otak

Bermain rubik akan melatih Anda untuk dapat memperhatikan pola tertentu yang mampu meningkatkan aspek lain dari kemampuan berpikir seperti di bidang matematika, mempelajari bahasa baru, menghadapi tantangan di masa depan, dan lainnya.

5. Meningkatkan Refleks

Manfaat lain dari bermain rubik adalah refleks meningkat pesat. Refleks cepat tak hanya berguna dalam bermain rubik melainkan membantu Anda mengenali benda dengan cepat secara visual, membaca dan menyadari warna lebih cepat.

Selain itu, Anda dapat mengetik dalam kecepatan di atas rata-rata berkat bermain rubik. Peningkatan refleks akan berguna pada orang lanjut usia atau mereka yang menderita degenerasi sendi.