Manfaat Mainan Bongkar Pasang Bagi Anak Hingga Beranjak Dewasa

Manfaat Mainan Bongkar Pasang Bagi Anak Hingga Beranjak Dewasa

Dunia anak-anak memang tak bisa jauh dari mainan. Tapi, bukan sekadar media bermain, mainan ternyata bermanfaat untuk melatih perkembangan otak sang anak. Bahkan, bisa mengasah kreativitas dan membentuk rasa percaya diri sejak dini, yang bisa melekat hingga dewasa.

Diungkapkan Parenting Expert and Founder of Mamalyfe.id, Rensia Sanvira, tantangan orang tua saat ini bukan sekadar membuat anak bahagia dengan mainannya atau membantu memecahkan masalah si anak saat ini. Tapi justru memiliki tantangan bagaimana mempersiapkan kemampuan maupun mental sang anak saat dewasa nanti.

Mulai dari cara berpikir, lalu bersosialisasi hingga lebih percaya diri menghadapi kehidupan saat dewasa. Itu semua, ungkap Rensia, harus dipersiapkan sejak dini.

1. Membuat Perencanaan

Saat bermain bongkar pasang, sang anak sudah tahu mau bangun apa. Dari situ ia belajar penyiapkan apa saja yang dibutuhkan agar bangunan yang diinginkannya bisa terwujud. Misalnya perlu yang bentuk persegi atau persegi panjang. Mereka belajar menyusun yang dibutuhkan.

"Bermain bukan hanya bermain tapi itu meraka belajar sesuatu di sana," tukas Rensia.

2. Memecahkan Masalah

Tanpa disadari, ketika bermain, sebenarnya anak sudah dihadapkan pada masalah. Meski terlihat sederhana, tapi adanya masalah dalam permainannya bisa menstimulasi otak anak untuk mencari jalan keluarnya.

Misalnya pada saat mau bikin kastil dari lego. Ketika kastil tidak bisa berdiri seimbang, sang anak dilatih untuk berpikir 'Ini kenapa ya tidak bisa berdiri?'. Dari pertanyaan tersebut, muncul panggilan untuk mencari cara agar bangunannya bisa berdiri. Secara tidak langsung, dia mencari jalan untuk memecahkan masalahnya.

"Kepercayaan diri anak bisa makin meningkat ketika dia terbiasa menghadapi hal yang susah tapi berhasil menemukan jawabannya sendiri," sambungnya.

3. Membuat Keputusan

Lalu dari mainan bongkar pasang pun sang anak belajar untuk memutuskan. Misalnya memutuskan untuk mau membangun apa sesuai dengan keinginannya. Atau misalnya memutuskan untuk melanjutkan apa yang sudah dia bangun dengan bikin yang baru.

Misalnya saat mau bikin kastil tapi ada kendala yang ia temukan, maka ia bisa belajar untuk tetap membangun kastil atau memutar otaknya untuk mengubahnya menjadi bentuk yang lain seperti rumah.

4. Kreativitas

Nah, bicara soal kreativitas, saat bermain biarkan anak mewujudkan imajinasinya. Penting bagi orang tua untuk tidak membatasi apa yang anak lakukan selama tidak berbahaya. Diakui Rensia, terkadang orang tua melakukan banyak interupsi saat anak bermain jika tak sesuai dengan ekspektasi. Beri kebebasan pada anak agar kreativitasnya berkembang sesuai imajinasinya.