ASAL-USUL PERMAINAN TARIK TAMBANG

ASAL-USUL PERMAINAN TARIK TAMBANG

Asal-usul Permainan Tarik Tambang

Melansir berbagai sumber, tarik tambang berasal dari kebudayaan kuno China, India, dan Mesir. Menurut Buku Dinasti Tang, tarik tambang sudah ada di kebudayaan China sejak abad ke-8 sebelum Masehi.

Namun, tarik tambang bukan sebagai olahraga, melainkan cara untuk melatih tentara militer Negara Chu. Tarik tambang baru menjadi permainan sejak pemerintah Kaisar Xuanzong.

Sementara di India disebutkan bahwa tarik tambang mulai dikenal pada abad ke-12 sebelum Masehi. Hanya saja, belum jelas fungsi tarik tambang pada era tersebut.

Catatan lain menyebut bahwa tarik tambang mulai dikenal sebagai olahraga atau permainan di Olimpiade yang digelar bangsa Yunani pada 500 tahun sebelum Masehi.

Tarik tambang juga digunakan untuk melatih kekuatan fisik orang-orang pada masa itu. Setelah itu, tarik tambang jadi mendunia.


Sejarah Tarik Tambang di Indonesia

Sejarah tarik tambang di Indonesia dikenalkan oleh bangsa Belanda di era penjajahan. Mulanya, masyarakat Indonesia dikenalkan dengan tali tambang untuk menarik benda berat, seperti batu, pasir, dan lainnya.

Namun perlahan tali tersebut dijadikan permainan sebagai hiburan menjadi tarik tambang.

Permainan tarik tambang membutuhkan lapangan luas berbentuk persegi panjang dengan ukuran 20-40 meter. Sementara lebarnya sekitar 5-8 meter.

Biasanya, batas lapangan digaris dengan kapur. Sementara panjang tali tarik tambang berkisar 30-50 meter.

Pada bagian tengah tali akan diberi tanda tengah yang membatasi antara bagian tali kelompok pertama dan kedua. Biasanya, bagian tengah ini ditandai dengan cat.

Selain itu, ada juga batas tiap tim sekitar 2,5 meter dari batas tengah sampai ke orang pertama dari masing-masing kelompok yang akan menarik tali.

Cara bermain tarik tambang, yaitu membentuk dua tim, lalu masing-masing anggota tim berdiri di wilayah masing-masing dengan membuat jarak antar anggota tim untuk nantinya menarik tali.

Kemudian, masing-masing kelompok akan saling menarik tambang ke arah berbeda. Penilaian tarik tambang untuk kelompok yang menang adalah mereka yang berhasil menarik tambang sampai lawan masuk ke area tim.

Sebaliknya, tim yang kalah adalah mereka yang berhasil terseret ke wilayah lawan atau batas tengah sudah lebih banyak di wilayah lawan.

Baca artikel CNN Indonesia "Sejarah Tarik Tambang, Olahraga yang Dilombakan Setiap 17 Agustus" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220812153415-246-833935/sejarah-tarik-tambang-olahraga-yang-dilombakan-setiap-17-agustus.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/